Dasar sintak dalam Bahasa PHP

 21 February 2020  PHP

Sintaks PHP merupakan tanda pembuka dan penutup dalam penulisan coding, sintaks menunjukan bahwa dalam area tersebut adalah isi bahasa tersebut. Artinya bahwa setiap penulisan yang dibuka dan ditutup dengan sintaks, masuk dalam koridor bahasa pemograman tersebut.

Dengan menggunakan ekstenti file .php untuk pembuatan coding, namun didalam file tersebut dapat di isikan dengan berbagai macam bahasa seperti HTML – CSS – Javascript dll.

Sintaks php

Penulisan sintaks php diatas adalah petunjuk untuk membuka dan menutup, yang mana didalam area tersebut di isi dengan perintah dalam bahasa php.

Untuk contoh diatas menunjukan bahwa php bisa berada dalam ruang lingkup bahasa HTML, namun untuk file tersebut harus disimpan dengan ekstensi .php

Apakah harus pembuka dan penutup selalu digunakan?, jawabanya adalah tidak. Ada beberapa situasi dimana tanda penutup tidak wajib disertakan, namun ada juga situasi yang mewajibkan disertakan.

Contoh dimana Sintaks pembuka dan penutup wajib digunakan sama seperti contoh diatas, namun untuk dimana penutup boleh tidak digunakan seperti contoh dibawah ini :

Tanda penutup tidak digunakan dikarenakan, tidak ada sintaks lain dibawah sintaks php tersebut. akan tetapi jika ada seperti html – css atau javascript maka wajib digunakan.

Dalam penulisan sintaks php huruf besar dan kecil tidak berpengaruh, seperti dalam (echo, if, else, while, dll).

Akan tetapi dalam sebuah variabel sangat berpengaruh, setiap hufur besar atau kecil jika tidak sesuai maka tidak akan tampil.

Sebagian penjelasan tentang Sintaks diatas, saya rasa cukup mewakili untuk sekilas Sintaks php. Intinya adalah tanda pembukan dan penutup saja, sekian dan terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini.

Artikel ini saya ambil dari website W3Schools sebagai referensi penulisan.

#Apa fungsi sintaks dalam bahasa php? #Sintaks PHP
Comments PHP

Comments dalam Bahasa Pemograman PHP

php

Berkenalan dengan bahasa pemograman PHP