Menghubungkan dan Memutuskan MySQL dari Server

 19 February 2020  MySQL

Untuk terhubung ke server MySQL , biasanya dalam proses pemanggilan menggunakan username dan kemungkinan password juga. MySQL Database bisa berada di server manapun, maka dari itu harus ditentukan lokasinya dengan nama host. Jika username – password dan nama host sudah ada, maka hubungkan MySQL dengan server dengan cara :

Isikan “host” dengan nama host dimana MySQL berada, untuk “user” ubah dengan nama user yang sudah didaftarkan, sedangkan tanda “**********” masukan password yang sudah dibuat. Pastikan untuk mengisi semua dengan benar.

Connecting to and Disconnecting MySQL

Apabila data yang di input sudah sesuai, maka akan muncul informasi seperti contoh dibawah :

Namun jika muncul pesan “ERROR 2002 (HY000): Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/tmp/mysql.sock’ (2)“, kemungkinan terbesar adalah MySQL tidak berjalan atau tidak aktif. Untuk pengguna windows bisa cek pada bagian services.msc dan pengguna unix MySQL server daemon. Jika sudah melakukan pengcecekan pada system, ketik ulang kembali perintah diatas.

Lalu bagaimana cara memutuskan hubungan dengan server?, cukup mudah bagi pengguna windows bisa dengan mengetik kode dibawah :

atau dengan mengetik “\q” seperti contoh

Bagi pengguna unix dapat menggunakan Control+D, Pembahasan ini sepenuhnya saya ambil langsung dari website resmi mysql, tentang MySQL Connecting to and Disconnecting from the Server.

Untuk penjelasan tentang menghubungan Database MySQL dengan beberapa jenis bahasa pemograman, akan saya tuliskan pada artikel bahasa masing-masing, seperti PHP / JAVA dan banyak basaha lainya.

#Connecting MySQL in Unix #Connecting MySQL in Windows #Connecting to and Disconnecting MySQL #Disconnecting MySQL in Unix #Disconnecting MySQL in Windows
Create Database MySQL

Cara Membuat atau Create Database MySQL

MySQL

Menghubungkan dan Memutuskan MySQL dari Server